CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 23 Februari 2011

Menangis



Adakah manusia yang tidak pernah menangis di dunia ini ? Mustahil jika manusia tidak pernah menangis selama sepanjang hidupnya. Sedingin dan sekeras apapun hati orang itu pasti pernah menangis, setidaknya waktu dia bayi. jika ada orang yang mengaku dirinya tidak pernah menangis kemungkinan dia "tidak normal" karna menangis bukan hanya sekedar mengeluarkan air mata saja. Pasti ada asal muasal dari semua itu.

Menurut saya menangis adalah mengungkapkan semua perasaan senang, sedih, kesal, sakit hati yang tidak bisa diungkapkan secara langsung. Setelah kita menangis dapat membuat perasaan kita lebih baik, nyaman, dan tenang. Bahkan seorang bayi menandakan menangis sebagai ada sesuatu yang terjadi pada bayi tersebut.


Kini ilmuwan menambah satu lagi daftar fungsi menangis dalam kehidupan manusia. Oren Hasson, seorang ilmuwan dari Univesitas Tel Aviv, Israel, mengungkap menangis dapat dijadikan sebagai penghalang keagresifan yang dimiliki seseorang. Dengan air mata seseorang sebenarnya tengah menurunkan mekanisme pertahanan dirinya dan memberikan simbol dirinya tengah menyerah. Di dalam relasi kelompok, menangis bisa dianggap sebagai bentuk keterpaduan antara satu dengan lainnya. Lantaran alasan itulah menangis dapat membuat hubungan sosial menjadi lebih dekat, sehingga mampu memupuk persahabatan menjadi lebih langgeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar